Pernyataan If
Struktur percabangan dimana bentuk umum dari IF … adalah:
If (Kondisi)
{
Statement 1;

}

Contoh:
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. Void main()  
  4. {  
  5. int x;  
  6. printf("1. Nilai Bahasa Inggris\n");  
  7. printf("2. Nilai Matematika\n");  
  8. scanf("%d",&x);  
  9.   
  10. if (x==1)  
  11. printf("Nilainya 85");  
  12.   
  13. if (x==2)  
  14. printf("Nilainya 90");  
  15.   
  16. getch();  
  17. }  
Pernyataan IF … ELSE
Bentuk umum dari IF … ELSE adalah:
If (Kondisi)
{
Statement 1;
Statement 2;
}
else
{
Statement 3;
Statement 4;
Statement dst;
}

Contoh:
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. Void main()  
  4. {  
  5. int x;  
  6. printf("1. Nilai Bahasa Inggris\n");  
  7. printf("2. Nilai Matematika\n");  
  8. scanf("%d",&x);  
  9. if (x =1)  
  10. {  
  11. printf("Nilainya 85");  
  12. }  
  13. if (x==2)  
  14. {  
  15. printf("Nilainya 90");  
  16. }  
  17. else  
  18. {  
  19. printf("Tidak ada nilainya");  
  20. }  
  21. return 0;  
  22. }  
Pernyataan Switch
Bentuk umum dari Swicth … Case adalah:
switch(skor)
{
case 1: …
break;
case 2: …
break;
….
}

Contoh:
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. Void main()  
  4. {  
  5. int x;  
  6. printf("1. Nilai Bahasa Inggris\n");  
  7. printf("2. Nilai Matematika\n");  
  8. scanf ("%d", &x)  
  9. switch (x)  
  10. {  
  11. {  
  12. case 1: printf("Nilainya 85"); break;  
  13. case 2: printf("Nilainya 90"); break;  
  14. default: printf("Tidak ada nilainya");  
  15. }  
  16. Getch();  
  17. }  
Lampiran Program
/*Program 1*/
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. //Program untuk menghitung luas lingkaran  
  4. main()  
  5. {  
  6. float pi = 3.1415;  
  7. float r;  
  8. printf ("Jari-jari lingkaran = ");  
  9. scanf ("%f", &r);  
  10. printf ("Luas lingkaran = %f", pi * r * r);  
  11. getch();  
  12. }  
/*Program 2*/
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. //Program untuk mengetahui nilai suatu inputan  
  4. main()  
  5. {  
  6. int a;  
  7. printf ("Ketikkan suatu nilai integer :");  
  8. scanf ("%d", &a);  
  9. if (a > 0)  
  10. {  
  11. printf ("Nilai yang anda masukkan bernilai positif %d ", a);  
  12. }  
  13. else if (a == 0)  
  14. {  
  15. printf ("Nilai Nol %d ", a);  
  16. }  
  17. else /* a > 0 */  
  18. {  
  19. printf ("Nilai yang anda masukkan bernilai negatif %d ", a);  
  20. }  
  21. getch();  
  22. }  
/*Program 3*/
  1. #include <stdio.h>  
  2. #include <conio.h>  
  3. #include <math.h>  
  4. //menghitung keliling segitiga  
  5. main()  
  6. {  
  7. int a,b,c,K;  
  8. printf("Masukan nilai a = ");  
  9. scanf("%i",&a);  
  10. printf("Masukan nilai b = ");  
  11. scanf("%i",&b);  
  12. printf("Masukan nilai c = ");  
  13. scanf("%i",&c);  
  14. K = (a+b+c);  
  15. printf("Keliling segitiga adalah %i", K);  
  16. getch();  
  17. }  
Ok.. seperti biasa, apabila ada yang kurang jelas atau malah membingungkan, silahkan ditanya yah.. Jangan sungkan-sungkan :wink:

0 Comments:

Post a Comment



tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 5 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

adsense 300px X 250px

adsense link 728px X 15px