Pengen jadi mahasiswa sukses? Hoho.. jangan tanya sama saya bagaimana caranya. Tapi tanyakan pada orang yang udah “selesai” jadi mahasiswa, setidaknya satu kali (berarti lulus S1). Saya dapat tips2 tersebut dari blognya Pak Romi. Silakan baca di sini: http://romisatriawahono.net/2008/01/29/tips-menjadi-mahasiswa-sukses/
Hmm… di semester 6 saya di Fasilkom ini saya banyak berpikir… insya Allah lulus satu tahun lagi. Tapi, ah.. rasanya belom ada apa2nya yang saya lakukan di kampus ini. Terutama dalam hal keilmuan dan kompetensi inti Ilmu Komputer. Merenungi setiap semester yang udah dilalui, setiap mata kuliah yang udah dilulusi (hah, bahasa apa ini). Alhamdulillah, gak ada mata kuliah yang ngulang dan IPK pun terancam *you know*. Tapi.. menyangkut proses belajar dan penyerapan ilmunya, hmm.. mungkin nilai saya sebenarnya tidak sebagus nilai pada transkrip saya. Saya berpikir, emangnya output yang diharapkan setelah mahasiswa mengikuti suatu mata kuliah apa sih? Apakah setelah saya lulus mata kuliah tsb, saya bisa mengimplementasikan ilmu yg didapat dalam kehidupan nyata? Sesuai dengan perkembangan ilmu komputer dan teknologi yang ada sekarang?
Sekian banyak mata kuliah yang saya ikuti, tapi apakah saya benar2 menyerap ilmu yang ada pada mata kuliah tersebut? Jangan2 saya cuma sekedar duduk doang di kelas, ngerjain tugas, dan ujian sekedar untuk lulus? Sempat berdiskusi dengan beberapa teman. Memang tampaknya pendidikan di sini masih sangat padat dengan materi dan teori. Bebannya berat, tapi entahlah apakah benar2 terinternalisasi dalam diri si penuntut ilmu. Jadi inget, Pak Eko Indrajit sang Ketua APTIKOM pernah cerita, di luar negeri sana, ada suatu jurusan CS di sebuah PT yang memberikan tugas dalam suatu mata kuliah dengan kasus sungguhan. Ceritanya mereka disuruh buat sesuatu (gw gatau apa), intinya analisis suatu masalah beneran di perusahaan Boeing kemudian memberikan rekomendasi pemecahannya. Ternyata mereka disuruh presentasi tugasnya beneran di depan direksi Boeing. Asyig bangget ya. Emang kalo liat pendidikan di LN sana kayanya banyak praktek dan metode2 yg memacu penggunaan otak kanan, dan gak dijejelin dengan seabrek2 materi.
Kembali lagi ke tips menjadi mahasiswa sukses. Apakah saya ini mahasiswa yang sukses ya? Setengah2 kayanya :) Yang jelas kemaren saya baru mengisi blanko CV untuk pemilihan Mapres dan… uh, kok banyak banget yang kosongnya ya?? hehehehe….
Ayo, manfaatin sisa waktu yang ada untuk jadi mahasiswa dan (nantinya) lulusan yang bener2 sukses! amin…

0 Comments:

Post a Comment



tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 5 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

adsense 300px X 250px

adsense link 728px X 15px