Apa yang dimaksud Start-up windows ?
Start-up adalah kondisi saat program windows diaktifkan pertama kali. Pada saat itu, program-program windows dan program-program tertentu yang dianggap penting mulai aktif, seperti misalnya program windows itu sendiri, antivirus, jaringan, dan aplikasi-aplikasi lain.

Fungsi Start-up
Start-up berfungsi untuk meng-aktifkan secara otomatis aplikasi-aplikasi yang dianggap penting saat program windows dihidupkan. Contoh : anti-virus, aplikasi keamanan (deepfreeze, folder lock, dsb), jaringan, dsb.

Diantara aplikasi yang aktif waktu start-up, ada pula aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting atau mungkin juga berbahaya ikut aktif, dan hal tersebut kadang membuat komputer menjadi lemot atau berat saat di hidupkan.
Contoh aplikasi start-up yang tidak penting : Aplikasi hiasan (toolbar, gadget, wallpaper rotator), aplikasi musik, dsb

Yang paling berbahaya adalah, fasilitas start-up ini juga kadang dimanfaatkan untuk mengaktifkan/menyebarkan virus dan malware tanpa sepengetahuan atau tanpa persetujuan pemilik komputer.
Contoh : malware, adware (iklan), virus, trojan, dsb

Mengatur dan mempercepat Start-up Windows Xp
Banyak Software/aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur aplikasi yang aktif saat start-up, antara lain : tune-up utilites, system mechanic, ccleaner, disablestartup, dsb.

Dalam postingan ini, saya hanya menginformasikan aplikasi Disablestartup, karena selain gratis, aplikasi ini juga banyak memiliki kelebihan, antara lain :

  • Fokus dan khusus utk mengelola start-up
  • Aktif otomatis saat start-up (tidak perlu diaktifkan lagi secara manual)
  • Mencegah aplikasi start-up baru ter-instal tanpa sepengetahuan anda
  • Mencegah segala perubahan IE start pages
  • Mengatur aplikasi start-up yang akan diaktifkan atau dinonaktifkan, semakin sedikit aplikasi yang aktif saat start-up, semakin cepat anda bisa memakai komputer saat dihidupkan pertama kali :)
Saya kira anda pasti sudah bisa menimbang mana yang penting atau tidak penting untuk diaktifkan otomatis waktu start-up, bagi saya sendiri.. aplikasi yang penting saat start-up hanya Anti-Virus, sedang yang lain saya disable semua :D

0 Comments:

Post a Comment



tab 1 - Click >> Edit

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 5 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

adsense 300px X 250px

adsense link 728px X 15px